"SEMUA ADA PASANGANNYA"

Mungkin ada 2 hal yang perlu kita jadikan kunci dalam menghadapi hidup ini, bersyukur dengan apa yang kita miliki dan bersabar dengan yang tidak ada. Tidak ada yang sempurna tetapi selalu ada pasangan dalam hidup ( baik-buruk, senang-sedih, kuat -lemah, cantik-jelek, bodo -pinter. ada saat percaya diri juga kadang minder dsb) itu ada dalam diri kita. Saat kita merasa terpuruk jalan lagi menurun maka sonsonglah tanjakan atau kesuksesan yang sedang menunggu, saat kita sedang sedih maka kegembiraan akan segera menghampiri. Tapi hrs selalu berpikir positip.
Sangat berarti untuk membangun sikap dan perilaku positif.

Ada 12 Tips cara untuk membangun sikap menjadi lebih Positif, antara lain :
1. Kita bisa memilih bersikap Optimis.
Orang yang pesimis itu focus kepada yang negative (seperti memandang segelas air sebagai setengah kosong/air yang sudah tak ada). Sedangkan yang optimis focus memandang yang positif (seperti memandang segelas air sebagai setengah penuh) Siapakan yang lebih baik cara pandangnya? Siapakah yang lebih mungkin bahagia, lebih yakin dan lebih pasti?

2. Kita bisa memilih menerima segalanya apa adanya
Ini tidaklah berarti bahwa kita menjadi tak semangat dan menyerah. Artinya kita tidak bergumul, merengek, dan memebenturkan kepala ke tembok ketika segalanya tidak beres. Sebenarnya perilaku yang menjadikan kita korban yang tiada berdaya (yang merusak itulah yang menambah beban atas semangatkita). “Terimalah segalanya apa adanya, bukan seperti yang kita angankan saat ini. Masa lalu sudah lewat, masa depan masih misteri dan saat inilah karunia, itulah sebabnya saat ini disebut “present = hadiah”. Oleh karenanya saat ini pergunakanlah sebaik – sebaiknya.

3. Kita bisa memilih cepat pulih
Mengembangkan sikap – sikap positif tidaklah berarti bahwa kita tidak akan pernah mengalami kepedihan, penderitaan, atau kekecewaan. Selain itu, mengembangkan sikap – sikap positip tidaklah berarti kita seharusnya mengabaikan masalah. Masalahpun selalu mempunyai sisi sebaliknya. Kalau kita gagal dalam ujian, belajarlah lebih giat lagi atau cari pembimbing. Kalau kita kehilangan teman, perbaikilah persahabatan tersebut, atau mencari teman baru. Kalau kita tidak suka penampilan sendiri, kembangkanlah kepribadian yang fantastis.

4. Kita bisa memilih cerita
Mulailah dengan menolak hal – hal yang suram, sungginglah senyum. Kalau kita melontarkan kata – kata yang positif, pemikiran – pemikiran yang positif, dan perasaan – perasaan yang positif, maka orang – orang (serta hal – hal) yang positif akan tertarik kepadakita.

5. Kita bisa memilih bersikap antusias.
Sambutlah setiap harinya dengan semangat. Laksanakanlah tugas – tugakita dengan penuh semangat. Semakin kita bersemangat, maka semakin orang – orang disekelilingkita punmerasa dan bersikap demikian, “Semangatlah…..!”

6. Kita bisa memilih lebih peka.
Kalau kita lebih peka terhadap masalah – masalah potensial, maka kita bisa lebih siap menghadapinya dan bahkan mengelak. Kita juga bisa peka terhadap pengalaman – pengalaman positif. Misal, bila kita ada undangan usahakan datang, bila ada yang sakit kita menjenguk, maka silaturahmi akam membuat kita menjadi lebih merasa beruntung dan berharga, karena akan ada hikmah yang kita peroleh dari semuanya.

7. kita bisa memilih humor.
Kalau kita melakukan sesuatu yang konyol (semua orangpun pernah) jangan melewatkan peluang untuk menertawakan diri sendiri. Itulah salah Satu sukacita besar kehidupan. Kalau kita banyak tertawa, kamu akan sehat. Tawa itu mengeluarkan kimiawi tertentu dalam tubuh yang merangsang dan dapat memebantu bertumbuh dengan sehat. Humor dan tertawa itu sehat.

8. Kita bisa memilih sportif
Sportif artinya menerima kekalahan dengan positif sambil tersenyum, menjabat tangan sang pemenang, tidak menyalahkan orang lain tau keadaan atas kekalahan itu. Sikap ini bisa memenangkan teman seandainyapun kt tidak memenangkan pertandingan atau kompetisinya. “Sportif” berarti pula tidak perlu mengejek yang kalah ketika kt menang.

9. Kita bisa memilih rendah hati
Kalau kt benar benar berkepentingan terhadap sesama, mereka akan melihat kualitas kepribadian kita seandainyapun kt tidak mengiklankannya. Mereka tidak akan merasa bahwa kt berusaha memanipulasi mereka, berbuatlah untuk sesama karena Allah (Iklas Lilahitaalla).

10. Kita harus selalu bersyukur
Renungkanlah : Mungkin banyak sekali yang bisa kt syukuri. Rasa syukur membuatkt tersenyum. Itu membuat senang dengan kehidupan kt. Dan orang lain pun ikut senang . Bersyukur bisa memberikan ketenangan bagi diri kt.

11.Kita tingkatkan kualitas iman kita dengan rutin ikut pengajian
Dengan memperkuat keimanan kita akan selalu nikmat dalam setiap fase kehidupan, sedang dicoba istirja, dan insaallah menghapus dosa, sedang diberi kenikmatan bersyukur. Insaallah ada kelezatan dalam hidup dengan kualitas iman yang tinggi.

12. Kita selalu mengharapkan pertolongan, tidak berputus asa.
Pengharapan mungkin merupakan sikap positifmu yang terpenting dasar bagi segala sikap poritif lainnya। Apakah yang kt harapkan? Apa sajakah impiankt?Apa sajakah ambisikt? Maksudnya dalam kehidupan ini? Sikap khusnudhon billah, akan menenangkan jiwa, dan mempercepat langkah serta mengeluarkan auro sukses dan metabolisme tubuh menjadi aktif sistim imunitas bertambah kuat sehingga sikon fisik dan fisikis sudah memasuki area sukses. InsyaAllah.

oleh : ibu Yati Unayah

0 Response to ""SEMUA ADA PASANGANNYA""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel